Langsung ke konten utama

Apakah Anda Tahu Manfaat dari Teh Basi? Ini Jawabannya

Teh diketahui menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, salah satu rahasia awet muda orang Jepang adalah karena rutin minum teh hijau. Anda juga suka minum teh? Jika ya, kalau menyeduh teh dan tidak habis, sisa air teh dan kantung tehnya jangan buru-buru dibuang.



Teh basi ternyata masih membawa banyak manfaat untuk kehidupan. Mungkin Anda tak menduganya, inilah beberapa manfaat dari teh basi yang menarik untuk kita ketahui:

Obat kumur alami

Terkadang menggosok gigi saja tidak cukup untuk mengusir bau mulut. Nah, salah satu cara alami untuk mengurangi bau mulut ini adalah berkumur dengan air teh basi. Dilihat dari kandungannya, daun teh secara alami memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri.

Kandungannya ini baik untuk membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut yang memicu bau mulut tidak sedap dan gigi berlubang. Bahkan, beberapa produsen obat kumur juga menyediakan obat kumur dengan kandungan green tea (teh hijau). Tentunya ini bukan tanpa alasan, karena manfaat teh, baik itu teh hijau atau teh hitam, untuk kesehatan mulut sudah banyak dikaji oleh peneliti ilmiah.

Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe

Sulit menemukan sampo yang cocok? Atau jengkel dengan rambut rontok dan ketombe yang membandel? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba metode no poo. Alternatifnya, Anda bisa mengganti sampo dengan bahan yang lebih alami untuk membilas rambut.

Salah satunya adalah air teh basi. Percaya atau tidak, keramas dengan air teh basi yang telah didiamkan semalaman dapat membantu mengurangi gatal akibat ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Semakin rutin Anda melakukannya, semakin cepat terasa hasilnya.

Menghilangkan mata panda

Punya masalah mata panda? Coba dinginkan kantung teh bekas diseduh ke dalam kulkas. Setelah dirasa cukup dingin, gunakan kantung teh tersebut untuk mengompres area mata panda Anda. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas area yang dikompres tadi menggunakan air. Hasilnya? Mata panda Anda memang tidak akan hilang seketika, tapi mata akan terasa lebih segar. Lakukan terapi kantung teh ini secara rutin, dan hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari.

Menyerap bau

Kantung teh bekas diseduh juga efektif menyerap bau-bauan. Untuk menghilang bau kaki, campurkan ampas dari beberapa kantung teh basi ke dalam wadah berisikan air hangat, lalu rendamkan kaki ke dalamnya selama beberapa menit atau hingga airnya mulai dingin dan bilaslah dengan air bersih.

Kantung teh bekas juga dapat digunakan untuk mengurangi bau tak sedap pada kulkas. Cukup letakkan beberapa kantung teh bekas di atas piring atau mangkuk, lalu simpan di dalam kulkas.

Alternatif pembersih rumah tangga

Air teh basi yang dimasukkan ke dalam botol penyemprot dapat digunakan untuk membersihkan cermin atau kaca jendela rumah Anda. Saat cuci piring, campurkan ampas teh basi bersama sabun. Noda pada berbagai peralatan dapur pun dapat dibersihkan dengan cepat.

Mengempukkan daging

Masak daging tak lagi repot berkat teh basi. Kok bisa? Teh memiliki kandungan tanin yang tinggi, dan tanin ini termasuk salah satu senyawa pengempuk alami. Agar daging lebih empuk dan mudah diolah, cukup rendam daging kurang lebih 30 menit di dalam wadah yang telah diisi air teh basi yang telah didiamkan semalaman.

Ternyata teh tidak hanya memberikan kenikmatan tersendiri untuk yang meminumnya. Teh basi pun membawa manfaat yang mungkin tak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Tapi ingat, jika Anda ingin memperoleh manfaat-manfaat dari teh basi seperti yang telah disebutkan di atas, jangan gunakan air teh basi yang sudah dicampur gula ya!

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kuliah di Bandung: Dari Berburu Kontrakan sampai Jalan-Jalan

Bandung, bagi saya, bukan hanya sekedar Kota Kembang seperti yang banyak orang bilang. Setelah lulus SMA, saya mendapat restu orangtua untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Bandung . Banyak suka duka yang dilewati. Tapi bagi saya sih lebih banyak sukanya. Bandung memberi banyak cerita yang tak mudah dilupakan saat saya berkuliah di sana. Mulai dari berburu kontrakan, bertemu banyak teman baru, sampai jalan-jalan ke tempat-tempat kekinian. Seperti kebanyakan orang rantau baru pada umumnya, beberapa hari sebelum pindah ke Bandung, saya cukup repot mencari tempat tinggal. Tidak ada saudara dari ayah maupun ibu yang tinggal di Bandung. Dulu sih ada, tapi sekarang sudah pindah ke kota lain. Untungnya, saya ada teman dekat sewaktu SMA yang juga kuliah di Bandung namun beda perguruan tinggi. Karena waktu yang semakin mepet, akhirnya saya memutuskan untuk numpang sementara di tempat kost teman. Cukup nyaman tempat kost-nya. Meskipun kamar mandi di luar, tapi terawat karena setiap mi

Cara Mudah Menjaga Udara Kamar Supaya Tetap Bersih

Kamar terasa pengap dan tercium bau kurang sedap? Berarti kualitas udara di dalam kamar Anda perlu diperbaiki. Seringkali terabaikan, kualitas udara di rumah berkontribusi besar terhadap kesehatan. Sistem tubuh memerlukan udara bersih kaya oksigen untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sayangnya, seringkali kita tidak menyadari banyak kontaminan yang mencemari udara sekitar kita. Dan belum tentu udara di rumah Anda lebih bersih dari udara di luar. Mengingat kita cenderung menghabiskan waktu yang cukup lama di kamar, kualitas udara kamar sudah seharusnya selalu dijaga supaya tetap bersih. Bagaimana caranya? Buka jendela di pagi hari Ventilasi yang cukup adalah kunci penting untuk sirkulasi udara yang baik. Udara di setiap ruangan rumah perlu diperbaharui setiap hari. Bukalah pintu dan jendela kamar terutama di pagi hari setidaknya selama 30 menit setiap hari. Udara pagi memiliki kualitas yang lebih baik karena lebih kaya oksigen. Berbeda dengan siang hari, udara di lua

Pilih Mana Beli Rumah Cash atau Cicil KPR? Ini Baik Buruknya

Beli rumah cash atau cicil KPR? Mungkin hal itu sejak lama membingungkan Anda. Ya, siapa pun pastinya ingin memiliki rumah sendiri. Terlebih bila sudah membina rumah tangga . Namun, membeli rumah bukan perkara mudah. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan secara matang. Termasuk dalam hal metode pembeliannya secara finansial mengingat kini semakin sulit mencari rumah yang harganya terjangkau. Seiring dengan permintaan kebutuhan yang semakin naik dari tahun ke tahun, para pengusaha properti pun menyediakan “solusi” dengan berlomba-lomba membuat banyak perumahan hingga ke daerah pinggiran kota. Rumah-rumah itu pun bisa dibeli dengan sistem KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) melalui layanan perbankan. Anda yang tidak senang terlilit hutang mungkin lebih memilih untuk menunda membeli rumah hingga uang Anda cukup untuk membeli rumah secara cash atau tunai. Akan tetapi, kenaikan harga rumah yang cenderung naik dari tahun ke tahun tak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Hal ini mengakib